11 November 2008

PERTANIAN ORGANIC MELILEA

Melilea memiliki sendiri lahan pertanian organic-nya yang tersebar luas di negara Amerika Serikat. Dan produk organic Melilea telah mendapatkan sertifikasi klasifikasi sebagai makanan organic bintang 5 (Five Stars Organic) yang diberikan oleh OUNFA (Organic United Nations Friendship Association).

Mengapa produk organic Melilea mendapatkan klasifikasi ini ?

Mari kita lihat dulu lahan organicnya. Lahan organic Melilea telah didiamkan dulu selama 3 – 7 tahun untuk mengembalikan zat – zat nutrisi tanah yang berguna bagi tanaman. Dan dalam proses penyuburannya banyak menggunakan cacing tanah yang juga berguna untuk menggemburkan tanah. Untuk pengendalian hamanya menggunakan predator alami dan perangkap, selain itu di antara lajur tanaman pokok ditanami tanaman yang disukai oleh hama perusak sehingga hama perusak akan lebih banyak menyerang tanaman itu daripada tanaman pokok. Penggunaan zat – zat racun untuk pembasmi hama dan zat – zat kimia pertanian dilarang sama sekali.

Letak lahan juga menjadi perhatian utama. Dalam radius 30km dari lahan organic tidak boleh terdapat sumber pencemaran, baik pencemaran air, darat dan udara. Di sekeliling lahan juga terdapat hutan yang menjadikannya sebagai area penyangga untuk menyaring pencemaran. Demikian pula, tidak sembarang sumber air yang dapat digunakan untuk mengairi lahan, sumber air tersebut harus melewati beberapa proses penelitian untuk memastikan bahwa tidak ada unsur pencemaran yang terkandung.

Pada saat memasuki lahan hanya boleh berjalan kaki, menggunakan sepeda, kendaraan listrik dan kalaupun menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak harus dengan bahan bakar etanol dan itupun dengan kecepatan yang dibatasi sekitar 8km/jam.

Selanjutnya pada proses penanaman, penuaian, pengolahan sampai pada proses pengemasannya diawasi secara ketat sehingga dapat menghindari kontaminasi pencemaran bahan – bahan lain pada saat proses itu berlangsung. Begitu ketatnya standart yang diterapkan oleh Melilea maka apabila ada satu atau beberapa jenis hasil panen yang tidak memenuhi standart yang ditetapkan, maka Melilea tidak akan mengeluarkan produk yang berkaitan. Artinya Melilea tidak akan pernah mengorbankan kualitas produk demi keuntungan semata.

Dengan demikian ketatnya quality control yang ditetapkan oleh Melilea untuk menjamin bahwa produknya benar – benar organic maka wajar saja apabila OUNFA menganugerahkan penilaian Bintang 5 pada produk Melilea.

Go Organic, keep healthy, save the earth.


Tidak ada komentar: