18 November 2008

Naturopathy / Penyembuhan Alami

Naturopathy adalah proses pengobatan alternatif yang lebih mengutamakan kemampuan yang sudah terdapat dalam tubuh manusia untuk membentuk, mempertahankan dan memulihkan kesehatan dirinya sendiri.

Artinya tubuh manusia ini sudah diciptakan oleh Allah SWT untuk mampu bertahan hidup di dunia ini dari serangan – serangan penyakit. Hanya sayangnya manusia sendiri yang merusak kemampuan tubuhnya untuk menyembuhkan diri, misalnya seperti mengkonsumsi bahan makanan yang terkontaminasi dengan zat – zat kimia karena penggunaan pupuk kimia dan pestisida, sedikit banyak pasti akan ada residunya. Belum lagi tingkat pencemaran di dunia ini yang sudah melebihi ambang batas yang mau tidak mau kita pasti terkena imbasnya. Apalagi kalau ditambahkan dengan adanya pedagang – pedagang makanan yang mencari keuntungan semata tanpa memperdulikan kesehatan konsumen, dengan menggunkan zat pewarna tekstil, formalin, borax dan zat – zat yang berbahaya lainnya.

Filosofi naturopathy biasanya sering digambarkan dengan 6 nilai inti, yaitu :
1. Pertama, tidak membahayakan ; menggunakan cara – cara yang se-efektif mungkin dalam perawatan kesehatan pasien dengan resiko yang serendah mungkin. (Primum Non Nocere).
2. Mengenali, menghargai dan menganjurkan kekuatan penyembuhan diri yang secara alami sudah ada di dalam tubuh manusia (Vis Medicatrix Naturae).
3. Mengidentifikasi dan membuang penyebab penyakit, daripada mengurangi dan menekan gejala (Tolle Causum).
4. Mendidik, memberikan semangat dan dukungan kepada pasien agar bertanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri (Doctor as Teacher).
5. Merawat setiap orang secara keseluruhan, melibatkan faktor hubungan yang saling mempengaruhi antara jasmani, spiritual, mental, emosional, keturunan, lingkungan, sosial serta penyebab – penyebab lainnya(Treat the Whole Person).
6. Mengutamakan pembentukan kesehatan bukan melawan penyakit, tujuan utama perawatan kesehatan adalah pencegahan (Health Promotion, the Best Prevention).

Seperti telah disebutkan naturopathy beranggapan bahwa seseorang menjadi sakit disebabkan oleh penumpukan racun – racun. Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan kita harus membuka diri terhadap proses penyembuhan alami.

Rumusan makanan khusus dapat memberikan keseimbangan atau membesihkan tubuh kita dari bahan – bahan berbahaya yang melemahkan kemampuan untuk menyembuhkan diri sendiri. Sekaligus memberikan gizi alami dalam bentuk paling mudah diserap. Hipokrates 2500 tahun yang lalu mengatakan “Penyembuhan alami harus merupakan dasar bagi obat, seorang dokter hanya membantu proses penyembuhan alami”.

Untuk memberikan kondisi terbaik bagi tubuh kita, kita memerlukan makanan bukan obat, karena Hipokrates juga mengatakan “Jadikan makananmu menjadi obatmu, dan obatmu adalah makananmu”.
Penyembuhan alami merupakan cara yang paling alami menuju kehidupan yang sehat di masa depan, bebas dari obat, seperti yang dikatakan oleh Thomas Edison, “Dokter di masa depan tidak akan memberikan obat, namun akan lebih mementingkan pasiennya untuk melakukan perawatan diri sendiri, apa yang menyebabkan serta pencegahan penyakit”.

Go organic, keep healthy, save the earth

Tidak ada komentar: